Madu Hutan Asli Sulawesi (P-IRT: 2097371010029-25)
Kampung Rumbia Desa Terasa Kec. Sinjai Barat

Pagi ini berkunjung ke Sinjai tepatnya di kampung Rumbia desa Terasa Kec. Sinjai Barat. Sebuah daerah yang memiliki potensi madu yang sangat besar. Daerah ini masih terbilang pelosok dengan kondisi alam yang sebagian besar masih terlemuti oleh hutan belantara. Untuk sampai ke kampung ini tak cukup hanya dengan mengandalkan keinginan namun lebih dari itu wajib mempersiapkan fisik yang memadai. Kondisi jalan berbatu, menanjak dan berliku membuat kendaraan tak semuanya bisa menjangkau. Kampung ini ada baiknya dijangkau dengan menggunakan motor Trail.

Tujuan kami berkunjung ke kampung ini karena ingin bertemu dengan salah seorang petani madu yang beberapa hari lalu sempat menghubungi kami lewat sosial media dengan menawarkan stok madu yang dimilikinya. Stok madu yang dimiliki merupakan hasil buruan mereka beberapa bulan lalu yang belum terjual karena terkendala pemasaran. Akhirnya kami merespon dan hari ini kami mencoba untuk mengunjungi sekaligus ingin mengetes kualitas madu yang dimiliki.Stok madu yang mereka miliki sebanyak 30 jargen yang saat ini belum terjual dan sudah tersimpan selama 3 bulan lamamnya.

Jika ini dibiarkan maka begitu banyak kerugian yang harus diderita oleh mereka, karena sudah bersusahpayah berburu madu menembus hutan belantara hingga berhari-hari, mengadu nasib diatas ranting pohon yang menjulang ke langit, membawa hasil buruan kembali ke rumah namun sesampai di dirumah harus disimpan berbulan-bulan karena tidak tau harus dipasarkan kemana. Inilah salah satu kewajiban dari Kedai Madu Sulawesi untuk mencover para petani madu yang kewalahan untuk memasarkan hasil buruannya.

Tepat pukul 10.00 pagi kami mulai melewati jalan berbatu dan kondisi ini jauh dari espektasi kami sebelumnya hingga tak menyiapkan apa-apa. Kami tak memiliki persiapan apa-apa, kali ini kami hanya memiliki modal nekad untuk sampai ke tempat tujuan. Kami mencoba menelusuri jalan menanjak berbatu dan berkelok namun hingga siang kami tak kunjung sampai ke rumah yang dimaksud. Yah, kira-kira sudah melewati jalan sekitar 7-10 kilometer.

Akhirnya kami beristirahat sejenak, dan kembali berdiskusi untuk melanjutkan perjalanan atau pulang. Karena kondisi kami memang tidak memungkinkan saat ini. kami tak ada persiapan sama sekali kecuali jas hujan. Setelah berdiskusi dengan beberapa pertimbangan akhirnya kami sepakat untuk balik dan mengurunkan niat untuk melanjutkan perjalanan. Bukan hanya karena kondisi kami yang tidak memungkinkan namun kendaraan yang kami pakai pun sudah tidak sanggup. Jika dipaksa maka kemungkinan akan bermasalah ditengah jalan dan menyulitkan kami untuk kembali dengan kondisi yang rusak.


Kampung Rumbia Desa Terasa Kec. Sinjai Barat
Kami mencoba menghubungi sang pemilik dan menjelaskan kondisi kami. Mereka pun mengerti dan kami sepakat untuk menunggu salah seorang yang diutus oleh mereka untuk membawa beberapa ml sampel madu yang dimilikinya. Kami menunggu sekitar kurang lebih 1 jam hingga mereka datang membawa 3 jenis sampel madu menggunakan motor ojek yang sudah dimodifikasi layaknya trail.

Setelah itu, kami pamit dan kembali ke kota Makassar untuk mengetes sampel madu yang diberikan. Ternyata setelah sampai di toko, yang pertama kali kami tes yakni kadar air dan ternyata hasilnya tidak memuaskan karena dari ketiga sampel yang diberikan semuanya tidak masuk dalam standar SNI madu dimana kadar air yang terkandung dalam madu maksimal 23%. Namun dari 3 sample yang kami ujicoba ternyata ada yang memiliki 26%, 27%, dan 29%. Sangat tinggi dan tidak masuk dalam standar yang ditetapkan.Kami tidak lagi mengetes keasliannya karena dari kadar airnya pun sudah tidak masuk.

Setelah itu, kami menghubungi mereka dan menjelaskan kualitas madu yang dimiliki serta memberikan pengertian jika kami akan berusaha membantu mereka memasarkan secara personal namun tidak bisa kami terima di Kedai Madu Sulawesi karena tidak memenuhi standar. Insya Allah dalam waktu dekat kami sangat berharap bisa mengunjungi mereka sekaligus melakukan pembinaan dan memberikan pengertian terkait kualitas madu yang masuk dalam Standar yang sudah di tetapkan dan bisa menjadi pemasok kami.





Share